Workshop KUB Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015

10 Mei 2015 / 20:36 WIB

Kemenag Gunungkidul – Guna mempererat kerukunan Umat Beragama khususnya wilayah Gunungkidul, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan Workshop Kerukunan Umat Beragama yang dilaksanakan di Hotel Cyka Raya Wonosari, Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Nur Abadi , M.A. , dan dihadiri oleh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), perwakilan lima tokoh- agama dan perwakilan tokoh Ormas Keagamaan di seluruh Wilayah Gunungkidul ini. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 5 sampai 7 mei 2015 tanpa menginap karna adanya batasan anggaran.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Drs. H. Nur Abadi, M.A. menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan meningkatkan sinergitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kantor Kemenag". Beliau menambahkan, “ perkembangan kerukunan umat beragama di Gunungkidul patut dibanggakan, karena dapat berjalan dengan baik ditandai dengan berdirinya FKUB yang aktif dengan berbagai kegiatan sejak tahun 2012 hingga bulan April tahun 2015” . Pada bulan April tahun 2015 FKUB Gunungkidul berhasil mengeluarkan Piagam Deklarasi Kerukunan Umat Beragama Gunungkidul dan sudah disampaikan kepada Pemerintah Daerah serta di bagikan ke Masyarakat Gunungkidul. “Menanggapi masalah-masalah yang terjadi akhir-akhir ini soal pendirian rumah ibadat yang tentunya berpotensi konflik dan juga kegiatan peribadatan yang kadang meresahkan orang lain, patut diangkat untuk dijadikan sebagai preferensi untuk dibicarakan dan mencarikan solusi terhadap semua permasalahan yang ada”, imbuhnya.

Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain, Peran Kementerian Agama dalam Pembangunan Keagamaan di Gunungkidul, peranan FKUB dalam Pembangunan Keagamaan, Peranan Kesbangpol dalam Pembinaan Keagamaan, Peranan Polri dalam Kehidupan Beragama, Manajemen Konflik, Bahaya Terosrisme, Kebijakan Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama. (Pengelola Urusan Agama )

    Bagikan    


Copyright (c) 2013, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Jl. Brigjen Katamso No. 13 Wonosari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55813 Telphon : 0274-391313  
Web Development & Jasa SEO Indonesia by Jogjashop.com