Indeks Berita Terkini

17 Nopember 2017 / 03:51 WIB
Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

(Seksi Dikmad-17/11/2017) Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul melalui Seksi Pendidikan  Madrasah mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Hotel Cyka Raya Wonosari, Ketua  Komisi D-DPRD,Kepala Kepolisian Resort, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Balai Pendidikan Menengah, Fasilitator SPM Dikdas D.I.Yogyakarta, Kepala Bidang PAUD, Kepala Bidang SD., Kepala Bidang SMP, Kepala Bidang PO, Ketua Yayasan Ma'arif , Ketua Yayasan Muhammadiyah dan Pengawas Madrasah. 
Dalam rapat tersebut membahas tentang dukungan Pemerintah Daerah terhadap lembaga pendidikan RA/BA/Madrasah dibawah kemenag Gunungkidul termasuk Alokasi Anggaran BOSDA ke Madrasah, Lebih lanjut kepala Kemenag Gunungkidul memberikan Gambaran kepada Pemerintah Daerah bahwa Alokasi BOSDA di empat Kabupaten/Kota se D.i.Yogyakarta sudah mengalokasikan anggaran BOSDA ke Madrasah, hanya tinggal Kabupaten Gunungkidul yang belum.


13 Nopember 2017 / 07:38 WIB
GURU MADRASAH GUNUNGKIDUL MAMPU BERSAING DI TINGKAT NASIONAL

Gunungkidul (Dikmad )......Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Mahkamah Konstitusi, serta untuk meningkatkan pemahaman hak konstitusional warga negara, 
Kepaniteraan Sekretarlat Jenderal ManKamah Konstitusi (MK) melalui Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan Anugerah Konstitusi 2017 dan Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara bagi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berprestasi Tingkat Nasional. 
Kegiatan Anugerah Konstitusi akan dilaksanakan melalui 3 (tiaP tahapan seleksi yaitu seleksi tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi, seleksi nasional tingkat Kementerian, dan seleksi Grand Final. Seleksi Grand Final Anugerah Konstitusi 2017 dan Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara bagi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berprestasi Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada 6 s.d. 10 November 2017.  


23 Oktober 2017 / 00:34 WIB
PUNCAK HARI SANTRI NASIONAL 2017

Tumpah ruah ribuan Santri dan warga Nahdhiyin memenuhi Alun-alun Wonosari, Ahad (22/10) untuk mengikuti Apel Akbar dan Istighosah dalam rangka Hari Santri Nasional [HSN] 2017 yang diselenggarakan oleh PC Nahdhatul Ulama Gunungkidul dan dihadiri Pengurus Besar dan Wilayah NU, Forkompinda, Kepala Kemenag H. Aidi Johansyah,S.Ag.,MM beserta unsur Rapim, PD Muhammadiyah, Ulama dan Kyai pimpinan Pontren Gunungkidul.

Dalam sambutannya Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos mengatakan HSN yang telah ditetapkan dengan Kepres RI No. 22 Tahun 2015 merupakan penegasan bahwa radikalisme atas nama agama dan ideologi khilafah anti pancasila bukan madzab Santri nusantara. “Untuk itu saya memohon sinergitas Ulama, Kyai, dan Santri untuk bersama-sama membangun Gunungkidul yang maju, berdaya saing, mandiri dan sejahtera lahir-batin”, pintanya lebih lanjut.  

Sedangkan dalam tausiyah dan orasi kebangsaannya Rois Syuriyah PB Nahdhatul Ulama KH. Ahmad Said Asrori memaknai resolusi jihad sebagai perjuangan memerangi kebodohan dengan penguatan pendidikan di pesantren, memerangi kemiskinan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, dan memerangi siapapun apakah perorangan, golongan atau kelompok yang akan memecah belah keutuhan NKRI. Beliau juga mengajak dengan HSN momentum untuk mengukuhkan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945|Min|


17 September 2017 / 04:34 WIB
PUSAT PANTAU PELAKSANAAN BINWIN CATIN

Tim Monev Bimwin Kementerian Agama RI Selasa (12/09/2017) berkunjung ke KUA Wonosari untuk memantau pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin. Dua orang anggota Tim secara langsung dan dekat ingin mengetahui sekaligus evaluasi atas pelaksanaan bimwin yang baru pertama dilaksanakan secara masal.

Kasubdit Pemberdayaan KUA Adib Machrus dan Alissa Wahid (Putri Gus Dur) berkesempatan sedikit menyampaikan materi dan berdialog dengan peserta. Menurutnya perkawinan mempunyai empat pilar yang menentukan sebuah keluarga akan kokoh atau rapuh. Pertama, berpasangan (zawaj) yaitu pasangan suami isteri saling melengkapi, menopang dan kerja sama. Kedua, janji kokoh (mitsaqan ghalizhan). Suami-isteri sama-sama menghayati perkawinan sebagai ikatan yang kokoh agar bisa menyangga seluruh sendi-sendi kehidupan rumah tangga. 


23 Agustus 2017 / 02:16 WIB
PEMBINAAN PERWAKAFAN BAGI PENYULUH

Sebanyak 50 Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS mengikuti Pembinaan Perwakafan yang diselenggarakan Seksi Bimas Rabu (23/8/2017) di Ruang Rapat IV Pemda Gunungkidul. Pembinaan ini sebagai salah satu upaya agar pemanfaatan wakaf bisa optimal. Menurut salah satu nara sumber kegiatan tersebut Roy Renwari dari Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) potensi wakaf sesungguhnya sangat besar, baik wakaf benda tidak bergerak maupun wakaf uang. (min)


23 Agustus 2017 / 00:35 WIB
Juknis BOS 2017

Kementerian  Agama  melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam selalu  memberikan  prioritas  anggaran  pendidikan pada  madrasah agar  dapat  membantu  anak  usia  sekolah bisa merasakan  pendidikan  yang  layak  di  madrasah.  Tentu  dalam  hal  ini  tidak  terlepas  dari  kinerja  para penanggungjawab  BOS  di  setiap  satuan  kerja  Kementerian  Agama  sehingga  proses  pelaksanaan  program BOS pada madrasah dapat terlaksana dengan optimal.

Pelaksanaan  program BOS melalui  APBN yang  alokasi  anggarannya  tidak  sedikit  ini harus dapat dipertanggungjawabkan  oleh  semua  pelaksana  baik  di  satuan  kerja  Kementerian  Agama  maupun madrasah swasta, sehingga diperlukan regulasi dalam bentuk petunjuk teknis yang dapat dipahami dan  dijadikan  pedoman  dalam pelaksanaan  program  BOS  tahun  2017.


13 Agustus 2017 / 19:05 WIB
Keluhan Jemaah Tentang Lift Pemondokan Langsung Ditindaklanjuti

Madinah (Kemenag) --- Ada keluhan soal lift rusak di pemondokan jemaah haji Indonesia. Keluhan ini kemudian langsung ditindaklanjuti oleh petugas Daker Madinah. 

“Ketika kemarin ada laporan lift rusak, kita langsung datang ke sini, untuk kami cek. Tim perumahan, yang diketuai oleh Pak Ihsan, langsung melakukan pengecekan,” tegas Kepala Daker Madinah Amin Handoyo, Minggu (13/08).


27 Pebruari 2017 / 01:55 WIB
PELATIHAN PENGELOLAAN ARSIP PERSURATAN BERBASIS CLOUD

Untuk memantapkan kemampuan ASN bidang IT dihadirkan TIM Trainner Microsoft Inovatif Educator Memperkenalkan Sistem Cloud Computing dan Cloud Storage untuk kepentingan Pengelolaan Arsip dan Persuratan . Dihadirkan juga Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul.


08 Juni 2016 / 23:54 WIB
Public Campaign Tolak Gratifikasi

Istilah Gratifikasi berasal dari bahasa Belanda "gratikatie" yang diadopsi dalam bahasa Inggris menjadi "gratification" yang artinya "pemberian sesuatu/hadiah". Black's Law Dictionary memberikan pengertian gratifikasi atau Gratification adalah sebagai "a voluntarily given reward or recompense for a service or benefit" yang dapat diartikan sebagai "sebuah pemberian yang diberikan atas diperolehnya suatu bantuan atau keuntungan". Kita terkadang sangat sulit membedakan antara " hadiah (gift) " dengan " suap (bribe) " ketika berhadapan dengan pejabat.

Gratifikasi berbeda dengan hadiah dan sedekah. Hadiah dan sedekah tidak terkait dengan kepentingan untuk memperoleh keputusan tertentu, tetapi motifnya lebih didasarkan pada keikhlasan semata. Gratifikasi jelas akan mempengaruhi integritas, independensi dan objektivitasnya keputusan yang akan diambil seorang pejabat/penyelenggara negara terhadap sebuah hal. Didalam Pasal 12 B Ayat (1) No. 31 Tahun 1999 jo UU. No. 20 Tahun 2001 ditegaskan bahwa yang dimaksud dengan "gratifikasi" adalah pemberian dalam arti luas yang meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.


04 Maret 2016 / 06:38 WIB
Kemenag Imbau Umat Islam Salat Kusuf Saat Gerhana Matahari

Jakarta (Pinmas) —- Berdasarkan data astronomis bahwa pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2016 betepatan tanggal 29 Jumadil Ula 1437 H, di sebagian wilayah Indonesia akan terjadi gerhana matahari total (GMT). Beberapa wilayah dimaksud antara lain: Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara

 

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam rilisnya, Jumat (04/03), mengatakan bahwa Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf. Pelaksanaan shalat gerhana menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing, yaitu: 


03 Maret 2016 / 21:05 WIB
Rencana Perjalanan Haji Tahun 1437H 2016M

Rencana Perjalanan Haji Tahun 2016 / 1437 H 

Informasi Lengkap Hubungi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul 


02 Maret 2016 / 01:13 WIB
Catat Menag Haruskan Aparaturnya Kreatif Inovatif Dan Responsif

Pontianak (Pinmas) —- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharuskan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk kreatif, inovatif, dan responsif. Kemampuan berinovasi dan berkreasi menurutnya sekarang menjadi keharusan seiring dengan dinamika, tuntutan, dan harapan masyarakat yang sangat tinggi terhadap layanan publik. 

“Berkreasilah! Berinovasilah! Tingkatkan terus profesionalitas, dan respon cepat persoalan publik yang terkait dengan keagamaan!” pesan Menag saat memberikan pembinaan kepada Aparatur Kementerian Agama dan Silaturahmi Tokoh & Pemuda Lintas Agama Kanwil Kemenag Kalbar, Pontianak, Rabu (02/03).


29 September 2015 / 20:41 WIB
Workshop Pengelolaan Barang Milik Negara

Wonosari ( HUKMAS ) - Bertempat di Aula BMT Amal Riski Siyono Gunungkidul sedang berlangsung kegiatan Workshop Pembinaan BMN (Barang Milik Negara) di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015 hari ke-2 yang akan dilaksanakan selama tiga hari tanggal 28 sampai 30 September. Tema workshop melalui kegiatan wokshop pembinaan Pengelolaan BMN (Barang Milik Negara) kita tingkatkan kwalitas pengelolaan BMN dilingkungan Kantor kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul.


18 Agustus 2015 / 21:30 WIB
DIY Juara KUA Teladan

Jakarta (Pinmas) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan etalase terdepan Kementerian Agama. Baik buruknya instansi ini dipengaruhi oleh performance atau kinerja KUA yang keberadaannya di semua kecamatan di penjuru tanah air.


17 Juni 2015 / 21:23 WIB
Pembinaan Kepegawaian Penyusunan PAK Guru

Bertempat di Balai Desa Kepek Wonosari GK, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pembinaan Kepegawaian. Pembinaan tersebut berupa Tatacara Penyusunan PAK Baru berdasarkan PermenpanRB no 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peserta yang hadir 240 orang meliputi Pengawas Pendidikan Madrasah, Pengawas Pendidikan Agama, Kepala Madrasah, Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Gunungkidul.

 


11 Juni 2015 / 21:18 WIB
Senam Jumat Pagi; Sehat Dan Kuat

Pada Jum'at Pagi tanggal 12 Juni 2015, bertempat di halaman gedung utara, pegawai di lingkungan Kemenag Kab. Gunungkidul melakukan senam bersama. Kegiatan ini diikuti juga oleh Pengawas dan Kepala KUA se Kab. Gunungkidul.


11 Juni 2015 / 21:00 WIB
Pembinaan Kamis Pagi Pegawai Kemenag GK

Pada Kamis, 11 Juni 2015, Kantor Kemenag GK mengadakan pengajian dan pembinaan. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin tersebut bertempat di aula Lantai Dasar Masjid Al Ikhlas.


07 Juni 2015 / 21:29 WIB
Ciri Buku Nikah Asli

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali menegaskan bahwa siapapun yang terlibat melakukan pemalsuan buku nikah akan dikenakan sanksi pidana. Hal tersebut disampaikan di Kantor Kemenag Kamis (4/6) sore. “Buku nikah merupakan dokumen negara. Jadi siapapun yang terbukti terlibat dalam pemalsuan buku nikah akan dikenakan sanksi pidana,” tegas Menag.


10 Mei 2015 / 20:36 WIB
Workshop KUB Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015

Kemenag Gunungkidul – Guna mempererat kerukunan Umat Beragama khususnya wilayah Gunungkidul, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan Workshop Kerukunan Umat Beragama yang dilaksanakan di Hotel Cyka Raya Wonosari . Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Nur Abadi , M.A. , dan dihadiri oleh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), perwakilan lima tokoh- agama dan perwakilan tokoh Ormas Keagamaan di seluruh Wilayah Gunungkidul.


23 Maret 2015 / 18:35 WIB
Pengumuman Rekrutmen Petugas Haji 1436 H 2015

Pengumuman Rekrutmen Petugas Haji 1436 H / 2015 


    Bagikan    


Copyright (c) 2013, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Jl. Brigjen Katamso No. 13 Wonosari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55813 Telphon : 0274-391313  
Web Development & Jasa SEO Indonesia by Jogjashop.com